usro adalah sebutan dari emak gue buat kynan. emak gue seenak jidat manggil kynan usro, tapi kalo sampe ketauan ayah gue pasti langsung dimarahin. gue ngerti kok jadi ayah, yang ngasih nama buat semua anak kan ayah gue, makanya sakit hati udah ngasih nama bagus-bagus tapi malah dijelekin. sakitnya itu di sini (nunjuk idung #lawak). tapi sebetulnya gue juga manggil kynan lebih sering dengan panggilan ndut, padahal dia itu kurus.
tadi sekitar pas maghrib, gue ngajarin kynan belajar bahasa inggris. materinya tuh tentang angka belasan puluhan, barang-barang di kelas, pakaian, waktu, dll. pertama-tama gue ajarin yang waktu. gue gambar jam yang berjarum panjang di angka 12 dan jarum pendek di angka 3 dan gue tulis pertanyaan "what time is it?" tebak apa yang ditulis kynan! dia nulis "it is tree colok". hadeeeuuuh. gue ngakak guling-guling ampe jadi manusia guling. akhirnya gue kasih tau jawaban yang bener.
materi kedua, angka. gue tanya dia "sebelas apa bahasa inggrisnya?" dia jawab "eleven", "dua belas?" "twelve" "tiga belas?" "ten tri" aneh, kebalik. akhirnya gue kasih tau kalo belasan itu tennya di belakang. gue tanya lagi sampe gue tanya "dua puluh?" "hmmm... ten ten"
lu tau, gue gak bisa berenti ketawa selama 1 abad. nih anak ngaconya kebangetan. terus akhirnya dia kasih tau alasan kenapa dia jawab teen teen "kan ten sepuluh. sepuluh tambah sepuluh dua puluh, jadi ten ten" pinter amat dah. akhirnya gue bilang, kalo jawabannya twenty. pas gue tanya lagi dua puluh bahasa inggrisnya apa dia jawab "thirteen, eh bukan two teen, eh bukan two three". plak, gue pukul jidat, geregetan ama nih anak. akhirnya gue tes lagi yang belasan "tujuh belas apa?" "ten ten white". ampuuuun, makin ngaco. gue tanya lagi "dua belas?" "sharpener". helloooow, itu mah rautan. terus dia bilang gini "aku tuh tau tulisan, tapi gak tau cara baca. aku orang jerman," ciiih. orang jerman? amit.
akhirnya gue tanya terus dan mulai lancar dia menjawabnya. pas gue tanya "delapan puluh?" "i-ty". Allahumma, ngaco lagi dah. gue tes "delapan belas?" "eleven ten, eeehhh...". mirisnya adek gue. akhirnya gue tes lagi dari awal dan kembali lancar, pas nyampe enam puluh dia jawab "six thirteen" ini jauh lebih-lebih ngaco. akhirnya dia berhasil belajar angka.
berikutnya barang-barang di kelas. kynan dengan gayanya bilang kalo dia udah apal. akhirnya gue tes. "jendela?" "hmm... wider (ngomongnya versi indo)" akhirnya gue suruh dia buat apalin lagi, gak lama dia bilang siap. akhirnya gue tes ulang, gue tanya lemari apa, dan dia jawab "fourty" heeeey, plis ini udah beda materi. gue tanya "tulisannya tau?" "gak". perasaan sebelumnya dia bilang kalo dia malah tau tulisan. akhirnya kynan mulai mengeluh, dan emak gue nanya "kenapa sih kak?" gue bilang aja kalo kynan itu ditanya gak bisa jawab, ditanya tulisannya juga gak bisa jawab. terus kynan melakukan pembelaan diri, dia bilang "kynan gak tau tulisannya ma" terus emak gue malah bilang gini "ya udahlah, tulisannya gak usah"
gue merasa kalo guelah manusia terwaras untuk saat itu. emak gue ngomong gitu? maigat. padahal soal UKK kynan ada essaynya, berarti harus tau tulisan kan? ditambah lagi inggris itu sangat sensitif, kurang huruf satu aja suka disalahin., lah ini tau tulisan aja kagak. akhirnya kynan ngerjain soal PG (pilihan ganda bukan pasangan ganda). pas gue perhatiin dia jawab bener semua, paling ya dia nanya artinya ini apa. dan akhirnya gue menyadari, kynan bukan apal tulisan , tapi bisa dengan mudah inget kalo ada pilihannya. ckckck
ya, gue cuma bisa berdoa semoga usaha gue dan kynan gak sia-sia, semoga kynan bisa dapet nilai yang baguuus, aminin ya, makaseh
No comments:
Post a Comment